Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni (DPKHA) atau Career Development and Alumni Affairs (CDA IPB) adalah unit yang menangani persiapan mahasiswa dan alumni memasuki dunia kerja dan kealumnian. Pada awalnya DPKHA IPB merupakan salah satu pusat di Lembaga Pengabdian pada Masyarakat, Institut Pertanian Bogor (PJK.LPM.IPB) yang berupaya menjadi fasilitator untuk menyatukan kepentingan lulusan dan alumninya dengan kepentingan dunia usaha sebagai penyedia lapangan kerja. PJK-LPM-IPB didirikan sejak tahun 1998 dan kepengurusannya dikukuhkan dengan Surat Keputusan Rektor IPB No. 068/K13/HK/KP/1999. Pengelola PJK-LPM-IPB berasal dari perwakilan setiap fakultas yang ada di lingkungan IPB.
Pendirian Pusat Jasa Ketenagakerjaan pada awalnya didasari oleh pemikiran bahwa penyerapan lulusan perguruan tinggi oleh dunia usaha dan industri mengalami perlambatan. Padahal pada saat yang sama kalangan dunia usaha dan industri masih tetap membutuhkan sumberdaya manusia yang memiliki kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Kenyataan ini disadari benar oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sehingga kemudian lembaga ini meluncurkan program pembentukan Pusat Jasa Ketenagakerjaan. Untuk tujuan tersebut, maka dipilihlah beberapa perguruan tinggi sebagai proyek percontohan (pilot project). Dalam perkembangannya, tidak semua proyek percontohan tersebut berhasil bahkan beberapa PJK di beberapa perguruan tinggi akhirnya tidak berkembang bahkan hilang sama sekali. Salah satu kelemahannya adalah bahwa lembaga ini tidak menjanjikan sesuatu insentif yang menarik bagi para pengelolanya dan hanya dianggap sebagai pekerjaan pengabdian masyarakat yang merupakan pekerjaan sampingan semata.
Beruntung hal tersebut tidak terjadi di Institut Pertanian Bogor. Lembaga ini mengalami perkembangan yang signifikan baik dari sisi aktifitas (indikator-indikator dijelaskan kemudian) maupun kelembagaan. Demikian juga, penerimaan stakeholder internal terhadap keberadaan lembaga ini meningkat. Pada awal berdirinya, PJK tidak diperhitungkan bahkan sebagian stakeholder menganggap tidak perlu ada karena fokus IPB adalah mencetak para lulusan dengan kurikulum yang memadai, setelah mereka lulus bukan merupakan tanggung jawab IPB lagi. Namun demikian seiring dengan kiprah yang ditunjukkan PJK dalam membantu menfasilitasi lulusan untuk mendapatkan pekerjaan, penerimaan terhadap keberadaan PJK semakin meningkat.
Hal tersebut didorong pula oleh ketentuan-ketentuan berbagai hibah-hibah kompetitif pengelolaan program studi/departemen dimana salah satu indikator keberhasilannya adalah masa tunggu alumni untuk mendapatkan pekerjaan. Pada tahun 2003 berdasarkan Surat Keputusan Rektor IPB Nomor: 099/K13/KP/2003, PJK berubah namanya menjadi Kantor Jasa Ketenagakerjaan dan berada dibawah koordinasi Wakil Rektor III ; dan pada perkembangan selanjutnya berdasarkan Keputusan Rektor IPB Nomor : 023/I3/OT/2008, KJK IPB berubah menjadi nama seperti saat ini dengan menggabungkan tugas jasa ketenagakerjaan dan hubungan kealumnian di dalamnya.
CDA IPB membuka lowongan kerja sebagai IT Staff dengan kualifikasi sebagai berikut :
Jika Anda memenuhi kualifikasi pakerjaan dan berminat untuk melamar perkerjaan ini, silakan kirimkan CV ke alamat email :
Pengajuan lamaran paling lambat tanggal 13 Februari 2015
Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat sumber resmi dari CDA IPB di link dibawah halaman ini.
Hanya kandidat yang mendekati dan memenuhi syarat diatas yang akan dipanggil dan akan mengikuti proses rekrutmen ini. Semoga Anda mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan Anda.
Sumber lowongan resmi silakan Klik Sumber
Pendirian Pusat Jasa Ketenagakerjaan pada awalnya didasari oleh pemikiran bahwa penyerapan lulusan perguruan tinggi oleh dunia usaha dan industri mengalami perlambatan. Padahal pada saat yang sama kalangan dunia usaha dan industri masih tetap membutuhkan sumberdaya manusia yang memiliki kualifikasi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Kenyataan ini disadari benar oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi sehingga kemudian lembaga ini meluncurkan program pembentukan Pusat Jasa Ketenagakerjaan. Untuk tujuan tersebut, maka dipilihlah beberapa perguruan tinggi sebagai proyek percontohan (pilot project). Dalam perkembangannya, tidak semua proyek percontohan tersebut berhasil bahkan beberapa PJK di beberapa perguruan tinggi akhirnya tidak berkembang bahkan hilang sama sekali. Salah satu kelemahannya adalah bahwa lembaga ini tidak menjanjikan sesuatu insentif yang menarik bagi para pengelolanya dan hanya dianggap sebagai pekerjaan pengabdian masyarakat yang merupakan pekerjaan sampingan semata.
Beruntung hal tersebut tidak terjadi di Institut Pertanian Bogor. Lembaga ini mengalami perkembangan yang signifikan baik dari sisi aktifitas (indikator-indikator dijelaskan kemudian) maupun kelembagaan. Demikian juga, penerimaan stakeholder internal terhadap keberadaan lembaga ini meningkat. Pada awal berdirinya, PJK tidak diperhitungkan bahkan sebagian stakeholder menganggap tidak perlu ada karena fokus IPB adalah mencetak para lulusan dengan kurikulum yang memadai, setelah mereka lulus bukan merupakan tanggung jawab IPB lagi. Namun demikian seiring dengan kiprah yang ditunjukkan PJK dalam membantu menfasilitasi lulusan untuk mendapatkan pekerjaan, penerimaan terhadap keberadaan PJK semakin meningkat.
Hal tersebut didorong pula oleh ketentuan-ketentuan berbagai hibah-hibah kompetitif pengelolaan program studi/departemen dimana salah satu indikator keberhasilannya adalah masa tunggu alumni untuk mendapatkan pekerjaan. Pada tahun 2003 berdasarkan Surat Keputusan Rektor IPB Nomor: 099/K13/KP/2003, PJK berubah namanya menjadi Kantor Jasa Ketenagakerjaan dan berada dibawah koordinasi Wakil Rektor III ; dan pada perkembangan selanjutnya berdasarkan Keputusan Rektor IPB Nomor : 023/I3/OT/2008, KJK IPB berubah menjadi nama seperti saat ini dengan menggabungkan tugas jasa ketenagakerjaan dan hubungan kealumnian di dalamnya.
Lowongan Kerja CDA IPBD3, S1, Informatika - Februari 2015
CDA IPB membuka lowongan kerja sebagai IT Staff dengan kualifikasi sebagai berikut :- Minimal D3 Informatika
- Menguasai bahasa pemrogramman PHP dan database MySQL
- Menguasai dan familiar dengan CMS WordPress
- Familiar menggunakan/mengoperasikan sistem operasi Linux
- Menguasai tools-tools google untuk mengelola website
- Menguasai software grafis dan mampu membuat desain publikasi
- Bersedia mengelola dan bekerja dalam sistem manajemen mutu ISO 9001
- Memiliki komunikasi yang baik, aktif serta mampu bekerjasama dalam tim
Jika Anda memenuhi kualifikasi pakerjaan dan berminat untuk melamar perkerjaan ini, silakan kirimkan CV ke alamat email :
cdaipb@apps.ipb.ac.id
maks lampiran 500kb dengan subjek [staff it cda]
Pengajuan lamaran paling lambat tanggal 13 Februari 2015
Untuk informasi lebih lanjut, silakan lihat sumber resmi dari CDA IPB di link dibawah halaman ini.
Hanya kandidat yang mendekati dan memenuhi syarat diatas yang akan dipanggil dan akan mengikuti proses rekrutmen ini. Semoga Anda mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan Anda.
Sumber lowongan resmi silakan Klik Sumber